Latest News

Menko Airlangga Hadiri Undangan Jamuan Makan Malam dari Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (kanan).

Berita Golkar – Singapura menjadi tuan rumah dari Pertemuan Tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) 2024 dan IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF).

Kehadiran Indonesia bersama dengan 13 negara mitra IPEF lainnya disambut secara resmi oleh Pemerintah Singapura pada acara Jamuan IPEF CEIF Ministerial Welcoming Dinner pada Rabu (5/06) di Sands Expo & Convention Centre, Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang memimpin Delegasi Pemerintah RI pada pertemuan IPEF tersebut, turut menghadiri jamuan makan malam yang diundang oleh Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan disambut secara resmi oleh Deputy Prime Minister of Singapore, Gan Kim Yong.

Dalam sambutan pembuka pada acara Jamuan Makan Malam tersebut, DPM Gan Kim Yong menyampaikan, “Kolaborasi dan kerja sama antar pemangku kepentingan menjadi elemen vital dalam keberhasilan IPEF. Inisiatif IPEF CEIF menjadi bukti nyata, dengan menarik lebih dari 60 proposal proyek di sektor energi bersih, serta partisipasi lebih dari 300 Investor dari berbagai negara mitra. IPEF CEIF menunjukkan komitmen kolektif mitra IPEF untuk mengatasi tantangan global, yang salah satunya adalah perubahan iklim.”

Memperkuat pernyataan DPM Gan Kim Yong, Presiden Tharman menekankan bahwa IPEF CEIF tidak hanya menjadi wadah kolaborasi yang efektif, tetapi juga menjadi katalis penting dalam upaya global menuju Net Zero Emission.

Dengan mengumpulkan berbagai inisiatif dan investasi di sektor energi bersih, IPEF CEIF memainkan peran yang sangat strategis dalam memitigasi dampak perubahan iklim dan mempercepat transisi ke ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Kerja sama internasional memainkan peran yang penting dalam menarik investasi, terutama  pada proyek dan pembangunan yang berkelanjutan, yang akan memfasilitasi akses terhadap modal, memitigasi risiko, memperluas pasar, menyelaraskan prioritas kebijakan, dan memberikan manfaat bersama.

The IPEF Clean Economy Investor Forum merupakan platform unik yang mempertemukan para pembuat kebijakan, investor, dan pengembang proyek dari 14 negara anggota IPEF.

Melalui acara ini, akan terbangun hubungan antara sektor publik dan swasta, dan juga dapat memfasilitasi pembahasan yang mendalam dengan para Panelis terkemuka, dan memungkinkan pertemuan dan kesepakatan antara bisnis dan modal yang berkualitas tinggi.

Forum ini bertujuan untuk memperjuangkan keberlanjutan melalui investasi strategis di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam rangkaian agenda Pertemuan Tingkat Menteri IPEF dan acara IPEF CEIF, Indonesia mengundang mitra IPEF lainnya dan para investor untuk dapat berinvestasi ke berbagai proyek di Indonesia, dalam membangun sinergi antara Pemerintah, sektor swasta, investor dan masyarakat Indonesia di dalam negeri.

Turut menghadiri acara jamuan makan malam tersebut diantaranya yakni Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo, Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, serta Dirjen Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi.

Scroll to top