Latest News

Jelang Iduladha 2024, Golkar Harap Bulog Pastikan Kebutuhan Bahan Pangan Masyarakat


Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin.

Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI, Mukhtarudin berharap Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan pasokan bahan pangan mencukupi kebutuhan masyarakat jelang Iduladha tahun 2024.

“Di tengah potensi tingginya permintaan, jadi Bulog harus memiliki beras yang cukup bagi kebutuhan masyarakat sepanjang masa Iduladha tahun ini,” tandas Mukhtarudin, Senin (27/5).

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini meminta agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan operasi pasar secara masif jelang Iduladha 2024.

Hal tersebut, kata Mukhtarudin, guna memastikan harga pangan di pasaran tetap stabil dan pasokan pangan tersedia dengan jumlah yang cukup.

“Dengan begitu masyarakat tetap dapat membeli bahan pangan tanpa terbebani ekonomi,” imbuh Mukhtarudin.

Mukhtarudin mengatakan Badan Pangan Nasional (Bapanas) harus terus melakukan pemantauan situasi harga pangan dan menggencarkan gerakan pangan murah (GPM) di seluruh daerah.

Bapanas juga, lanjut Mukhtarudin, harus mengoptimalkan fasilitasi distribusi pangan dari daerah-daerah yang surplus ke daerah defisit.

“Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap komoditas pangan bisa terpenuhi secara merata di seluruh Indonesia,” beber Mukhtarudin.

Anggota Komisi VII DPR RI ini bilang meskipun permintaan pangan jelang Idul Adha tidak seperti Idulfitri, namun harus dipersiapkan langkah antisipasi agar harga dan stok pangan di pasaran tetap stabil dan terjaga.

“Penting dilakukan untuk mencegah adanya oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan momen demi keuntungan pribadi,” pungkas Mukhtarudin.

Scroll to top