Latest News

Petani di Kabupaten Bogor, Ravindra Airlangga Salurkan Bantuan Alat Pertanian dari Kementan

Anggota Komisi IV DPR RI, Ravindra Airlangga salurkan bantuan alat pertanian dari Kementan untuk petani di Kabupaten Bogor, Kamis (7/12/2023).

Berita Golkar – Anggota Komisi IV DPR RI, Ravindra Airlangga menyalurkan bantuan alat pertanian kepada 173 kelompok tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Bogor.

Bantuan alat pertanian ini bersumber dari APBN Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui aspirasi anggota Komisi IV DPR RI.

Sebanyak 290 lebih alat pertanian ini disalurkan melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor yang berlokasi di Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Adapun rincian alat yang diberikan yaitu traktor roda empat sebanyak 12 unit, traktor roda dua 8.5pk 35 unit, traktor roda dua 6.5pk 28 unit, pompa air 36 unit, multi traktor 31 unit, hand sprayer 150 unit.

Ravindra Airlangga berharap, dengan adanya bantuan alat pertanian ini dapat meningkatkan produksi pertanian dalam negeri di tengah krisis pangan global yang sedang terjadi.

“Banyak negara tidak mau mengekspor lagi karena mementingkan kepentingan dalam negeri, kita tidak tahu kedepan kondisinya seperti apa. Sehingga saya berharap alat-alat ini bermanfaat untuk membangun ketahanan pangan kita semua,” ujar politisi dari Partai Golkar tersebut, Kamis (7/12/2023).

Selain itu, ia juga meminta kepada para petani yang dapat menggunakan bantuan alat tersebut semaksimal mungkin dan juga merawatnya agar bisa terus digunakan.

“Jadi kami pesan tolong diperlakukan, diperhatikan dan maintrnancenya untuk memperpanjang umur, agar bisa bermanfaat dan produktif dalam waktu yang lebih lama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Distanhorbun Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengatakan dengan adanya bantuan alat ini sangat membantu petani dalam beraktifitas.

Ia pun berharap para petani dapat memanfaatkan bantuan alat tersebut untuk meningkatkan hasil produksi.

“Harapnya petani di kita semakin sejahtera mempermudah pekerjaan mereka, berhasil meningkatkan produktifitas nya. Ketika meningkat produktifitasnya berarti meningkat kesejahteraannya,” kata Entis Sutisna.

Scroll to top