Latest News

Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, Golkar Beri Tanggapan


Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi.

Berita Golkar – Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Bobby Rizaldi mengatakan, pihaknya menyambut baik pernyataan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte yang mengakui ‘sepenuhnya dan tanpa syarat’ bahwa Indonesia merdeka dari Belanda pada 17 Agustus 1945.

Bobby meyakini pengakuan ini akan menjadi awal mula hubungan baik antara Indonesia dan Belanda.

“Kita sambut baik statement tersebut, sehingga nantinya ini awal hubungan yang lebih baik dengan Belanda ke depan,” ujar Bobby saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/6/2023).

Bobby menjelaskan, Belanda sudah pernah meminta maaf kepada Indonesia pada Desember 2022. Permintaan maaf dan pengakuan kemerdekaan oleh Belanda ini menjadi bukti kewibawaan Indonesia.

“Adapun konsekuensi politis dan hukum seperti kiranya ada pengajuan hutang kolonial dan lain-lain, saya rasa akan dikaji kemudian,” tuturnya. “Bukti kewibawaan Indonesia,” sambung Bobby.

Sebelumnya diberitakan, dalam debat parlemen pada tanggal 14 Juni mengenai penelitian sejarah peran Belanda dalam periode dekolonisasi Indonesia 1945-1949, PM Rutte secara harfiah menyatakan bahwa Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 secara penuh dan tanpa syarat.

Scroll to top