Latest News

M. Nizar Soroti Kinerja Pemkab Sidoarjo Soal Tangani Banjir


Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo, M Nizar.

Berita Golkar – Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo, M Nizar menilai Pemkab Sidoarjo tak pernah serius dalam menangani persoalan banjir.

Terutama di beberapa wilayah yang selama ini menjadi langganan setiap musim penghujan, yakni di Kecamatan Tanggulangin dan Porong.

“Saya bingung, kajiannya itu seperti apa kok banjir ini ndak pernah selesai. Kalau cuma genangan tidak masalah, bisa jadi 1-2 jam sudah surut. Tapi ini kan tidak,” katanya, Rabu (22/2/2023).

Menurut Nizar, selama ini Pemkab Sidoarjo hanya mengandalkan mesin pompa dalam mengatasi banjir. Padahal hal itu dinilainya tidak cukup efektif.

“Mesin pompa itu justru enggak efektif, karena sifatnya hanya mengurangi debit air. Tapi ketika turun hujan lagi, maka air sungai kembali naik,” ujarnya.

Seharusnya, lanjut Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sidoarjo tgersebut, Pemkab dalam hal ini Dinas PU Bina Marga melakukan kajian yang matang, baik dari aspek penyebab terjadinya banjir hingga perencanaan dalam mengatasinya. Sehingga pada saat musim hujan datang, banjir dapat diminimalisir.

“PU Bina Marga harus turun tangan, silakan cari solusinya yang benar. Kira-kira penyebab terjadinya banjir ini apa. Jika terjadinya pendangkalan, maka normalisasi harus dilakukan. Jangan dibiarkan saja,” tegasnya.

Apalagi, tandas Nizar, permasalahan banjir merupakan satu dari sekian persoalan yang belum bisa teratasi Pemkab Sidoarjo dari tahun ke tahun.

Scroll to top