Latest News

Lilik Syaiful UMKM Jadi Salah Satu Pilar Utama Perekonomian di DIY


Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DIY Lilik Syaiful Ahmad.

Berita Golkar – Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DIY Lilik Syaiful Ahmad menegaskan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar utama perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sehingga agar naik kelas dan usaha mereka bisa berkembang maka para pelaku usaha kecil tersebut harus diberikan pendampingan.

Pernyataan tersebut disampaikan Lilik saat menghadiri ‘UMKM Cah Enom Expo 2023’ di Kopi Sawah di Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo, DIY, Minggu (29/1).

“UMKM butuh pendampingan agar produk yang dihasilkan bisa masuk pasar dan dikenal masyarakat luas,” kata anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DIY tersebut.

‘UMKM Cah Enom Expo 2023’ diisi bazar produk UMKM, pameran produk dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Selain itu juga digelar dialog dengan para pelaku UMKM untuk merumuskan langkah dalam mengembangkan UMKM Kulonprogo lebih baik.

Menurut Lilik, selama ini pelaku UMKM tidak banyak memiliki kepercayaan diri. Hal ini tidak lepas dari keterbatasan permodalan dan kemampuan.

Sementara dari sisi permodalan mereka juga mengalami keterbatasan untuk mengakses kredit di lembaga perbankan.

“Para pelaku UMKM ini perlu diberikan pendampingan, skill hingga managemen pengelolaan keuangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Lilik mengatakan, masalah modal sebenarnya bisa diatasi dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikucurkan bank daerah maupun bank nasional.

Dengan agunan ringan pelaku UMKM bisa mengajukan kredit hingga Rp 25 juta.

“Kulonprogo ini menarik karena pemerintah telah memberikan subsidi bunga, sehingga bunga kredit di Bank Kulonprogo lebih kecil,” ujarnya berharap ada dukungan juga dari perusahaan untuk mengucurkan program CSR.

Mereka bisa memberikan pendampingan kepada UMKM agar bisa lebih berkembang.

“Kami juga sedang membuat konsep bagaimana dana keistimewaan (Danais) bisa untuk mengembangkan UMKM,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Sukoreno, Olan Suparlan mengapresiasi positif pelaksanaan ‘UMKM Cah Enom Expo 2023’.

Event promosi semacam itu sangat dinantikan pelaku UMKM. Sebab selama ini mereka bisa memproduksi tapi kadang terkendala pemasaran.

“Para pelaku UMKM di Sukoreno sangat beragam dari anyaman serat alam hingga produk makanan dan kuliner tapi mereka kesulitan memasarkan produknya, sehingga event yang digelar menjadi alternatif dalam memasarkan produk,” ungkapnya.

Scroll to top