Latest News

Airlangga Hartarto: Optimalkan Pandemi Sebagai Peluang Membangun Masa Depan

[ad_1]

Berita Golkar – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto minta dunia usaha dan Pemerintah sebaiknya bergerak seirama dalam menangani pandemi Covid-19.

Semua pihak sebaiknya menyingkirkan perbedaan politik dan bekerjasama mengatasi penyakit yang belum ada obatnya itu.

Karena dengan kerja sama, masalah yang muncul selama virus ini muncul, bisa dibalik  menjadi peluang untuk membangun kembali masa depan yang lebih cerah.

“Oleh karena itu, dunia usaha dan pemerintah harus bersinergi. Yang tak kalah pentingnya adalah agar B20 mengesampingkan perbedaan politik dan meningkatkan kerjasama dengan anggota B20 lainnya,” kata Airlangga dalam acara forum Business20 (B20) Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1/2022).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, saat ini perekonomian global tengah berhadapan dengan tantangan pemulihan yang tidak merata.

Ketidakpastian global berdampak pada perekonomian negara berkembang dan negara maju, anggota G20 maupun di luar forum G20.

“Kita harus menemukan cara untuk mencapai keseimbangan antara pemulihan dari pandemi dan pemulihan ekonomi,” ujarnya dalam acara.

Lebih jauh dipaparkan oleh Ketua KPC PEN ini, Indonesia akan fokus pada tiga isu prioritas dalam forum G20. Pertama, memperkuat arsitektur kesehatan global. Kedua, transformasi ekonomi berbasis digital dan ketiga transisi energi.

“Bagi Indonesia keutamaan G20 berupaya menciptakan ide-ide baru untuk mempercepat pemulihan global dan mewujudkannya melalui parade aksi nyata bagi kehidupan masyarakat lintas batas dan lintas negara,” ucapnya.

Untuk mencapai prioritas-prioritas itu, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan protokol kesehatan dan vaksinasi serta menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 dari lintas dan dalam perbatasan.

“Indonesia juga meningkatkan upaya untuk memastikan transformasi digital terjadi terlebih dahulu, memperkuat privasi dan perlindungan data, termasuk dalam kegiatan e-commerce, dan meningkatkan sekuritas digital dan keamanan online,” tuturnya.

Airlangga menambahkan Indonesia juga akan terus mendukung usaha mikro kecil dan menengah, perempuan dan orang-orang dengan kemampuan khusus untuk berpartisipasi penuh dan berkembang dalam ekonomi baru.

“G20 juga dapat berbuat lebih banyak untuk menjembatani kesenjangan konektivitas. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan kondisi untuk investasi berkelanjutan dalam infrastruktur digital berkualitas tinggi,” katanya

[ad_2]

Scroll to top