Latest News

Legislator Golkar Optimis Ekonomi Indonesia Tahun 2021 Berada di Zona Positif

Berita Golkar – Ketua Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dito Ganinduto meyakini, akselerasi pemulihan ekonomi domestik pada triwulan IV-2021 akan terus berlangsung secara bertahap. Pertumbuhan ini pun ditopang oleh tingginya ekspor.

Beberapa indikator di triwulan IV-2021 sudah menunjukan positif. Seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, PMI Manufaktur, transaksi digital, dan ekspor serta sektor jasa keuangan terpantau stabil dengan ketahanan permodalan yang memadai.

“Dan saya tentunya optimis sampai akhir tahun 2021 ini perekonomian (Indonesia) berada pada zona positif,” jelas Dito di Jakarta, Minggu (5/12).

Pemerintah sendiri telah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2021 berada di 5 persen. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dalam negeri secara keseluruhan bisa mencapai 4 persen di 2021

Di samping itu, Komisi XI juga turut mengapresiasi kinerja Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan bank Himbara (BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN) yang mengakselerasi berbagai program dan inisiatif strategis yang memberikan dampak terhadap perekonomian daerah.

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan bahwa pasca-pandemi Covid-19 yang telah melanda seluruh dunia, dalam hal ini Indonesia juga turut merasakan dampak yang ditimbulkan, khususnya di dalam sektor perekonomian.

Namun Dito menilai hingga saat ini kondisi perbankan di Indonesia dan dunia usaha sudah terlihat mulai terbantu. Bahkan menurutnya, sudah berjalan dengan baik.

“Dengan berbagai program strategis dan inisiatif yang telah dimiliki dan dijalankan oleh BI dan OJK, ke depannya harus terus semakin diimplementasikan,” katanya.

Scroll to top