Latest News

Menpora Sambut Kedatangan Kontingen Indonesia, Hasil Paralimpiade Tokyo 2020 Lampaui Target


Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyambut kedatangan kloter terakhir kontingen Paralimpiade Tokyo 2020.

Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 disambut Menpora di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pada Selasa (7/9/2021) dini hari WIB.

Sementara itu, turut hadir Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Chandra Bhakti, serta Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Surono.

Saat tiba di ruang VIP penjemputan Bandara Soetta, para atlet masuk dan mengambil buket bunga yang diletakkan di meja secara bergantian.

Kemudian berpose di hadapan awak media dan dilanjutkan dengan sambutan Menpora Amali.

Acara tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Dikutip dari laman resmi Kemenpora, Menpora Amali mengucapkan selamat datang kepada para kontingen Indonesia dalam sambutannya.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat datang kepada kontingen Indonesia yang baru saja berjuang dan telah mengharumkan nama bangsa di multi event olahraga Paralimpiade Tokyo tahun 2020,” kata Menpora Amali seperti yang dirilis laman Kemenpora pada Selasa (7/9/2021).

Zainudin Amali juga menyampaikan rasa bangga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan para kontingen Indonesia telah mengukir prestasi yang membanggakan buat untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020.

“Salam hangat dan rasa bangga dari bapak Presiden Joko Widodo, semalam beliau sampaikan kepada saya karena saya melapor akan menjemput kontingen Indonesia yang akan kembali ke tanah air. Beliau menyampaikan, salam hangat dan ucapan terimakasih atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para pendamping, para pelatih, para atlet dan kontingan Indonesia,” ujar Zainudin Amali.

Menpora menambahkan, para atlet kontingen Indonesia akan diterima secara langsung oleh Presiden Jokowi di Istana negara setelah masa karantina selesai.

“Beliau menyampaikan pesan setelah selesai pelaksanaan karantina akan diatur jadwal untuk para atlet dan kontingen Indonesia, akan diterima langsung oleh bapak presiden,” ungkap Zainudin.

Hasil Paralimpiade Tokyo 2020 dinilai melampaui target dari pemerintah dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk perbaikan peringkat dari Paralimpiade di Rio De Jeneiro 2016.

Pada Paralimpiade Rio 2016, Indonesia menempati peringkat 76 dengan perolehan satu perunggu.

Sementara pada Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil menempati peringkat 43 dengan perolehan 9 medali yakni 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu.

“Alhamdulillah target-target yang ada tercapai, bahkan terlampaui. Karena itu saya atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada NPC, Pak Semmy Marbun dan para atlet atas raihan prestasi,” ucap Zainudin.

Rombongan kontingen Indonesia yang tiba pada kloter terakhir antara lain;

– Leani Ratri Oktila

– Khalimatus Sadiyah

– Hary Susanto

– Dheva Anrimusthi

– Fredy Setiawan

– Suryo Nugroho

– Sapto Yogo Purnomo

– Ukun Rukaendi

– Famini

– Jaenal Aripin

– Elvin Elhudia Sesa

– Karisma Evi Tiarani

– Putri Aulia

– Setiyo Budi Hartanto

Selain para atlet, terdapat Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, CdM, pelatih dan ofisial juga yang hadir dalam rombongan.

Diketahui, Indonesia berhasil meraih total sembilan medali pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Berikut rincian sembilan medali di Paralimpiade Tokyo 2020 yang terdiri dari dua emas, tiga perak dan empat perunggu.

Medali Emas

– Cabor Badminton kategori ganda putri SL3-SU5 : Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah

– Cabor Badminton kategori ganda campuran SL3-SU5 : Hary Susanto/Leani Ratri Oktila

Medali Perak

– Cabor Angkat Besi kelas 41 kilogram putri : Ni Nengah Widiasih

– Cabor Badminton kategori tunggal putra SU5 : Dheva Anrimusthi

– Cabor Badminton kategori tunggal putri SL4 : Leani Ratri Oktila

Medali Perunggu

– Cabor Atletik kategori lari 100 meter putra T37 : Sapto Yogo Purnomo

– Cabor Tenis Meja kategori tunggal putra TT10 : David Jacobs

– Cabor Badminton kategori tunggal putra SU5 : Suryo Nugroho

– Cabor Badminton kategori tunggal putra SL4 : Fredy Setiawan

Scroll to top