Latest News

Airlangga Hartarto: RI-India Bergandengan Tangan Tangani Covid-19

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya atas bantuan India kepada Indonesia untuk menangani pandemi Covid-19.

Diketahui, dikutip dari laman Opindia, Pemerintah India mengirim bantuan 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen cair ke Indonesia.

Laporan menyebut bantuan itu dikirim sejak Jumat (16/7) lalu, namun mengalami keterlambatan kedatangan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Airlangga, Pemerintah Republik Indonesia dan India saing bergandengan tangan mengatasi Covid-19. Saat ini, Indonesia memang tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19 akibat penyebaran varian delta.

Indonesia memang membutuhkan lebih banyak oksigen tabung untuk menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah. Bantuan dari India menjadi bukti kedua negara bisa bersama menghadapi pandemi Covid-19.

“Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya,” ujar Airlangga saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/7/2021).

Sebelumnya, Indonesia memang pernah mengirim bantuan tabung oksigen ke India sejak Mei 2021. Saat itu, India dilanda lonjakan Covid-19 juga akibat varian delta.

Pada tahap pertama, RI mengirim 1.400 tabung oksigen. Indonesia berencana mengirim sebanyak 3.400 tabung oksigen.

Airlangga mengatakan, gelombang kedua Covid-19 di India muncul akibat varian yang berasal dari mutasi ganda Covid-19. Padahal, jumlah alat medis, ventilator, dan tabung oksigen untuk pasien terbatas.

“Ini membuat kita prihatin, dan karenanya kita perlu turun tangan untuk membantu saudara-saudara kita di sana,” tutur Airlangga saat itu.

Sementara, pada Selasa (20/7), Menteri Luar Negeri India S Jaishankar mengaku bantuan oksigen untuk Pemerintah Indonesia dibawa menggunakan Kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat.

Kapal tengah menuju pelabuhan Tanjung Priok. Ia memastikan kapal yang mengangkut bantuan dari India segera merapat di Indonesia.

Scroll to top