Latest News

Bobby Adhityo Rizaldi Apresiasi PT Telkom Soal Langkah Cepat Pemulihan Jaringan Telekomunikasi di Papua


Berita Golkar – Anggota Komisi I Fraksi Golkar DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi langkah cepat untuk memulihkan jaringan telekomunikasi di Papua yang dilakukan Kominfo bersama dengan PT. Telkom.

Perbaikan kabel serat optik Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Jayapura tengah dikebut oleh PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom). Telkom sudah menyiapkan backup link dengan kapasitas 4,7 Gbps.

Adapun dari jumlah tersebut, 2.662 Mbps ditunjang dari pemanfaatan link satelit. Backup link sebesar 500 Mbps juga didapat dari radio long haul, dari Palapa Ring Timur sebesar 500 Mbps serta dari radio long haul Sarmi-Biak sebesar 1,6 Mbps.

“Kami harap Telkom bisa segera menyelesaikan dan memulihkan jaringan kabel laut di Papua, dan Kominfo bisa memberikan kebijakan-kebijakan untuk bisa memastikan jaringan internet dan telekomunikasi beroperasi walaupun belum optimal,” terang Bobby dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan dan pegunungan, Bobby melihat peran satelit telekomunikasi pada frekuensi 3,5 GHz di Indonesia masih sangat strategis dan dibutuhkan masyarakat.

Lanjut Bobby, sudah saatnya Pemerintah mulai memperhatikan keberadaan satelit telekomunikasi Indonesia.

“Tujuannya selain untuk menjangkau dan memberikan layanan telekomunikasi kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, adanya satelit telekomunikasi Indonesia yang andal juga diperlukan sebagai dukungan pada saat terjadi gangguan seperti yang dialami di Papua. Kita tidak bisa bergantung sepenuhnya kepada kabel optik,” ungkap Bobby.

 

Scroll to top