Latest News

Menko Airlangga Optimis Ekonomi Kuartal II Tumbuh Semakin Baik 7%-8%


Berita Golkar – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal II tahun 2021 akan semakin membaik, tumbuh sekitar 7% sampai 8%.

“Terkait dengan perekonomian, kita melihat bahwa proyeksi pertumbuhan tetap diperkirakan antara 6,7% sampai dengan 7,5%. Pemerintah meyakini kuartal kedua ini kita mampu pada 7% sampai 8%,” ungkap Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan pers seusai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip Selasa (8/6/2021).

Rasa optimistis itu muncul, karena adanya data Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia sudah mencapai 55,30.

Juga terjadi kenaikan penjualan kendaraan bermotor pascapemberlakuan stimulus pajak, khususnya penjualan mobil sebesar 228% kenaikan year on year (yoy) dan motor 227% yoy.

“Kemudian penjualan ritel juga sudah naik 9,8% yoy. Selanjutnya, indeks keyakinan konsumen sudah di atas 100%. Juga kita lihat pertumbuhan belanja nasional per akhir April kemarin juga sudah terjadi kenaikan sebesar 60,43%,” ujar Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Partai Golkar ini mengungkapkan, pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) juga berjalan dengan baik.

Sampai ini sudah terealisasi serapannya 29,9% dari pagu anggaran, atau mengalami kenaikan sebesar Rp 86,7 triliun dari kuartal I yang mencapai Rp 123,2 triliun.

“Demikian juga dengan kegiatan-kegiatan di lima sektor. Kesehatan sudah mencapai 18,8% realisasinya. Perlindungan sosial 39,2%, program prioritas 28%, dukungan korporasi 21% dan insentif untuk usaha sudah 79,9%,” tutur Airlangga Hartarto.

Scroll to top