Latest News

DPD Golkar dan IIPG NTT Beri Bantuan untuk Bencana di Seroja


Berita Golkar – Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena melakukan pelepasan secara simbolis rombongan Tim Posko Bencana DPD I Golkar NTT yang akan mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk wilayah daratan Timor.

Partai Golkar melalui DPD I Golkar NTT mendistribusikan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana Siklon Tropis Seroja di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bantuan tersebut dihimpun dari kader dan pengurus serta berbagai pihak melalui Posko Tanggap Darurat Bencana Seroja DPD I Golkar NTT.

Dalam acara sederhana yang digelar di Kantor DPD I Golkar NTT di Jalan Frans Seda Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Kamis (15/4) siang kemarin, Melki Laka Lena didampingi Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) NTT, Ny. Mindriyati Astiningsih.

Dihadiri juga oleh sesepuh Golkar NTT, Ans Takalapeta, anggota Fraksi Golkar DPRD NTT, Muhammad Ansor Orang dan Maxi Adipati Pari, pengurus DPD I Golkar NTT, pengurus AMPG serta pengurus AMPI.

Melki Laka Lena dalam kesempatan itu menyampaikan Golkar NTT berada bersama untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana di Siklon Tropis Seroja di wilayah NTT meski Golkar sendiri juga menjadi korban.

Melki Laka Lena menuturkan, sehari pasca puncak badai di Kota dan Kabupaten Kupang, Golkar NTT langsung membentuk posko dan mendirikan dapur umum di Kantor DPD 1 Golkar NTT. Di lokasi itu disediakan layanan charge handphone dan WiFi gratis karena kondisi black out listrik pasca badai.

Selain itu, melalui dapur umum Posko Tanggap Darurat Bencana Partai Golkar, relawan juga menyediakan dan memberikan makan berupa kolak kacang ijo bagi petugas yang melakukan pembersihan jalan dan fasilitas umum pasca badai.

“Kita rapat dalam kegelapan dan memutuskan harus buat sesuatu. Kantor harus dibersihkan, cari genset untuk hidupkan lampu dan menyewa Vsat WiFi satelit. Malam pertama langsung dirikan posko dan dapur umum,” ujar Melki.

Melki menyebut, Partai Golkar telah memulai perjalanan untuk distribusi bantuan kemanusiaan bagi korban dan warga terdampak bencana di Adonara Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata pada Selasa, 13 April 2021 lalu dari Labuan Bajo.

Sebanyak 4 truck berisi bantuan senilai Rp 200 juta telah tiba di Maumere hari Kamis (15/4/2021) dan rencananya akan diberangkatkan menuju Adonara dan Lembata untuk bantuan itu melalui jalur lintas Flores.

Sementara itu, distribusi bantuan kemanusiaan bagi warga korban dan terdampak bencana di wilayah Pulau Timor baru dilaksanakan kemarin pada Kamis bersamaan dengan pendistribusian di wilayah Sumba.

Untuk wilayah Pulau Timor, DPD I Golkar NTT melepas secara resmi 2 truk dan 2 cold truk yang memuat bantuan. Demikian pula dengan wilayah Sumba.

Bantuan itu menyinggahi setiap Kabupaten dan pihak DPD II Golkar Kabupaten akan menambah bantuan dari masing-masing untuk korban di lokasi bencana yang dituju.

“Bantuan ini semampu kami, karena kami yakini setiap orang bisa membantu sesuai kemampuannya secara ikhlas,” kata dia.

Bantuan itu juga diberikan berdasarkan permintaan masyarakat yang membutuhkan. Karena itu, dirinya berharap, semangat berbagi tersebut terus terbangun dengan prinsip Golkar hadir untuk rakyat.

Ketua IIPG NTT Ny. Mindriyati Astiningsih yang bertindak selaku pengurus IIPG Pusat juga menyampaikan kepedulian Ikatan Istri Partai Golkar terhadap bencana di NTT.

Ketua IIPG Pusat, Ny. Hartarto, kata dia, juga sangat konsen terhadap bencana yang terjadi di NTT. Astiningsih menyebut, Ketua IIPG Pusat termasuk orang yang pertama memberikan respons.

“Pada hari Senin pasca bencana, beliau menanyakan kepada saya, apa yang bisa kita bantu. Sehingga hari ini terbukti, kami terus bergerak menyalurkan bantuan,” kata Astiningsih.

IIPG juga, lanjut dia, selalu responsif dan cepat tanggap terhadap bencana yang menimpa masyarakat. IIPG selalu melakukan berbagai macam cara untuk mengungkapkan solidaritas itu.

Koordinator Posko Bencana Seroja DPD I Golkar NTT Libby Sinlaeloe dalam laporannya melaporkan bantuan tersebut dikirim ke Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Malaka.

Bantuan yang disumbangkan berupa, sembako yakni beras, mie instan, minyak goreng, serta selimut, makanan kaleng, peralatan dapur, pakaian bayi dan genset dan lainnya. Bantuan itu sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat yang disampaikan kepada pihak dia.

Scroll to top