Latest News

Menko Klaim Perekonomian Indoneisa Mulai Berangsur Pulih

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku bersyukur atas kondisi perekonomian nasional yang terus menunjukan tren pemulihan usai dihantam pandemi virus corona atau Covid-19.

“Aktivitas manufaktur yang masuk pada level ekspansif di 52,2 persen. Kemudian tren perbaikan indeks kepercayaan konsumen bulan Januari juga pada 84,8 persen,” kata Airlangga

Tak hanya itu, dari sisi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) juga sudah mulai menunjukan peningkatan.

“Begitu juga peningkatan kredit usaha rakyat yang realisasinya sebesar Rp 196,4 triliun di 2020, dan akan dinaikan pada 2021 menjadi Rp 253 triliun,” paparnya.

Indikator lainya Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar Rupiah yang mengalami perbaikan hingga menyentuh pada level sebelum pandemi Covid-19. Begitu juga dengan harga sejumlah komoditas yang mulai membaik.

“Harga komoditas mulai membaik mencerminkan peningkatan pada waktunya pada penerimaan negara,” tuturnya.

Seluruh indikator pemulihan ekonomi ini diharapkan terus berlanjut di tahun ini, dirinya berharap program vaksinasi yang sudah dimulai bakal menjadi pemilu utama bangkitnya perekonomian nasional.

Sebelumnya, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah merasa pesimistis ekonomi quartal 1 (Q1) 2021 bakal bisa tumbuh positif, mengingat kontraksi ekonomi yang masih dirasakan hingga saat ini.

 

Scroll to top