Latest News

Tanggapan Golkar Mengenai Menkes Bukan dari Kalangan Dokter


Berita Golkar – Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung turut merespons terpilihnya Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Adapun sosok Budi Gunadi Sadikin yang bukan berasal dari kalangan dokter sempat menjadi perbincangan publik. Terlebih, saat ini pos Menteri Kesehatan sangat vital untuk menangani pandemi Covid-19.

Doli mengatakan, penunjukkan Menteri Kesehatan yang bukan dari kalangan medis ini bersejarah, karena pertama kali dilakukan di Indonesia. Namun, ia tidak mempermasalahan latar belakang yang dianggap tidak berkaitan.

Sebab, menurut Doli, Indonesia lebih membutuhkan manajemen krisis yang mumpuni untuk melawan pandemi. “Betul, pertama di Indonesia Menteri Kesehatannya bukan dari kalangan medis.”

“Tapi dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan manajemen krisis,” kata Doli dalam diskusi daring, Rabu (23/12/2020). Sebab, Ketua Komisi II DPR RI ini menilai, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada persoalan kesehatan saja.

Namun bergerak sangat kompleks hingga berdampak pada persoalan ekonomi dan sosial. Untuk itu, manajemen krisis yang mumpuni adalah jawaban untuk mengendalikan kondisi pasca pandemi.

“Jadi pandemi ini bukan hanya dilihat dari masalah kesehatan saja, tetapi sudah sangat kompleks, sangat multidimensi,” tutur Doli. Terlebih, kedepannya, Indonesia akan melakukan berbagai langkah penting untuk meredam pandemi.

Satu di antaranya melakukan vaksinasi Covid-19 yang membutuhkan strategi komunikasi publik. “Jadi lebih membutuhkan manajemen krisis, terutama secara spesifik melakukan pendistribusian dan mekanisme vaksinasi yang tidak mudah,” katanya.

Doli pun menuturkan, persoalan yang menyangkut kesehatan bisa dibantu oleh Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono. Sebab, Dante Saksono Harbuwono memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

“Jadi memang diperlukan orang-orang yang dianggap punya kemampuan manajemen krisis. Kalau masalah medis dibantu oleh Wakil Menteri Kesehatan yang menjadi salah satu bangian penting,” katanya.

 

Scroll to top