Latest News

Kembangkan Sistem Informasi, Kemenpora Jalin Kerjasama Dengan Telkom


Berita Golkar – Usai memberikan penghargaan kepada Citra Febrianti setelah diakui sebagai peraih medali perak Olimpiade 2012 London, Menpora Zainudin Amali langsung melanjutkan kegiatan penandatanganan MoU dengan PT Telkom.

Kerjasama dengan PT Telkom ini dikatakan Menpora merupakan implementasi arahan Presiden Joko Widodo yang ingin mengembangkan sistem informasi atau big data guna mendeteksi calon-calon atlet berkualitas.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan kebijakan tata kelola pemerintah dengan tujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dibagi antar instansi pusat dan daerah yang disebut Satu Data Indonesia (SDI).

Kebijakan tersebut tertuang dalam Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia pada 12 Juni 2019.

Menpora menerangkan, penandatanganan nota kesepahaman ini juga bagian dari menjalankan arahan Presiden Joko Widodo ketika memberi sambutan pada Haornas 2020.

“Ini juga dalam rangka melaksanakan arahan Presiden, bahwa pembinaan atau prestasi olahraga menggunakan big data untuk mendapatkan info yang lengkap. Oleh karena itu kita kerja sama dengan Telkom.

Kita harus menggunakan data valid. Kedepan cabang olahraga akan bisa mengajukan proposal menggunakan online,” kata Menpora dalam kata sambutannya di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (21/12/2020).

“Melalui dukungan teknologi sistem informasi kita wujudkan sistem satu data keolahragaan nasional untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Dengan penggunaan data ini, setiap stakeholder dan insan olahraga memiliki akses terhadap sistem data keolahragaan nasional,”

“Setiap anak bangsa memiliki hak yang setara untuk berprestasi dibidang olahraga dengan berpartisipasi aktif menjadi bagian satu data keolahragaan nasional,” jelas Menpora.

Sementara itu, Direktur Enterprise dan Business PT Telekomunikasi Indonesia, Edi Witjara dalam kesempatan yang sama juga menyambut baik kerjasama ini. Dia berharap, ekosistem keolahragaan nasional bisa terbangun dengan baik.

“Saat Haornas beberapa lalu, saya ingat bahwa pentingnya membangun ekosistem keolahragaan di Indonesia, termasuk juga mendigitalisasikan sistem yang ada. Kami komitmen melakukan itu karena Telkom sudah punya banyak pengalaman dibidang digitalisasi, agar memudahkan semua,” pungkasnya.

Scroll to top