Latest News

Aziz Syamsuddin Sebut E-Parlemen Jadi Akses Masyarakat Dekat Dengan DPR


Berita Golkar – Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyatakan pentingnya E-Parlemen dalam mendukung kinerja DPR RI.

Menurut Azis, E-Parlemen membuat DPR RI menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel serta tetap produktif pada masa pandemi Covid-19.

“E-Parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR RI, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja parlemen Indonesia yang modern,” ujar Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu dalam keterangannya di Parlementeria, Rabu (2/12/2020).

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, penerapan E-Parlemen menunjang produktivitas DPR RI terlebih pada masa pandemi Covid-19.

Terlihat, dari berbagai agenda rapat dan sidang DPR RI yang kini dilakukan dengan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang disiarkan langsung di laman resmi DPR.

Secara bertahap, sambung Azis, DPR RI akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan. Hal ini, tuturnya, akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR RI, pemerintah dan mitra kerja serta masyarakat.

“Arahnya ke digitalisasi. Ada penghematan penggunaan kertas (paperless) dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil rakyat.

Melalui E-Parlemen, semua bisa akses informasi tentang apa yang dikerjakan DPR RI dan bisa langsung memberikan masukan.

Jadi semuanya bisa lebih akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan,” lanjut legislator dapil Lampung II itu.

Selain itu, Azis menilai E-Parlemen juga penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas.

“E-Parlemen ini sekaligus mengedukasi kita semua untuk tidak kaku kepada teknologi yang merupakan tuntutan zaman,” pungkas Azis. (Humas DPR)

Scroll to top