Latest News

Maman Terus Dorong Realisasi Pembangunan Pipa Gas Trans Kalimantan

[ad_1]

Berita GolkarAnggota Komisi VII DPR RI, Maman Abdurahman terus mendorong agar direalisasikannya pembangunan pipa gas Trans Kalimantan sebagai satu di antara sumber energi di Kalbar.

Menurutnya, pipa gas ini akan membuat masyarakat mudah mendapatkan pasokan gas dan sebagai proyek strategis nasional.

“Saya di Komisi VII akan terus mendorong dan mengawal di Senayan agar jaringan pipa gas ini benar-benar terealisasi dan menjadi satu diantara sumber energi di Kalbar,” tegas Maman.

Selain itu, untuk menjamin pasokan guna memenuhi kebutuhan energi, Maman juga mendorong dibangunnya Floating Storage Regasification Unit (FSRU) atau Receiving Terminal LNG berbasis ISO Tank (LNG Plant) di sekitar Pelabuhan Internasional Kijing sebagai strategi untuk penuhi pasokan gas.

Terminal LNG ini juga berfungsi untuk mensuplay kebutuhan gas industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mempawah.

Selain itu, nantinya juga bisa digunakan untuk mensuplay kebutuhan gas pada jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dan pelanggan kecil dan juga untuk mensuplay kebutuhan gas pada PLTG 100 MW PLN di Jungkat, Mempawah.

Dengan terciptanya potensi demand Gas Bumi di Kalbar khususnya di Mempawah melalui pembangunan Terminal LNG ini diharapkan dapat mendorong terealisasinya pembangunan pipa gas bumi trans Kalimantan dengan sistem investasi Badan Usaha.

Selain pembangunan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) atau Receiving Terminal LNG berbasis ISO Tank (LNG Plant), Maman juga berharap dapat dibangun TBBM Pertamina yang baru dan juga refinery (produksi) bahan  bakar diesel nabati sebesar 100 persen (B100) di Mempawah mengingat banyaknya pasokan CPO di Kalbar.

Tribunnews

[ad_2]

Scroll to top