Latest News

Golkar Usung Paslon Jalur Independen di Pilkada Papua 2020


Berita Golkar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyebut lima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen telah mendaftar menjadi peserta Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar di 11 kabupaten pada wilayahnya.

Kepada wartawan di Jayapura, Selasa (08/09) Sekretaris KPU Provinsi Papua Ryllo A Panay mengatakan jumlah ini berdasarkan data yang masuk ke KPU hingga pukul 02.00 Waktu Indonesia Timur atau 24.00 WIB.

“Jadi data yang terakhir diperbaharui ada 35 pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati,” kata Ryllo.

Menurut Ryllo, dari 35 pasangan yang mendaftar tersebut, lima pasangan yang maju melalui jalur independen, yakni Yusuf Wally-Hadi Susilo di Kabupaten Keerom, Jakobus Kawer-Salomo Rumbekwan di Supiori, Yusak Samuel Bisi Wonatorei-Muhammad Imran di Waropen, Yulianus P. Aituru-Bonefasius Jakfu di Asmat dan Robby Wilson Rumansara-Lukas Jantje Punny di Mamberamo Raya.

Ryllo mengungkapkan berdasarkan rekap pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada 11 kabupaten, Kabupaten Keerom sementara ini diikuti oleh tiga pasang calon yakni pasangan Yusuf Wally-Hadi Susilo merupakan calon perseorangan; pasangan Peiter Gusbager-Wahfir Kosasih diusung oleh Partai Golkar, Nasdem dan PDIP; serta pasangan Muh Markum-Mavensisus Musui diusung oleh Gerindra, Garuda, PKS, Gerindra, Garuda, PKS, Perindo, PPP, Hanura dan Demokrat.

Untuk Kabupaten Supiori terdapat lima pasangan calon, yakni pasangan Ronny SG Mamoribo-Alberth Rumbekwan diusung PDIP, Nasdem dan Perindo; pasangan Oberth Rumbarar-Daud IO Marisan diusung PAN, PKB dan Garuda; pasangan Ruth Naomi Rumkabu-Piet Karel Pariaribo diusung oleh Hanura, Gerindra dan PKS; pasangan Jakobus Kawer-Salomo Rumbekwan dari pasangan perseorangan, pasangan Yan Imbab-Nichodemus Ronsumbre diusung Demokrat dan Golkar.

Kabupaten Waropen terdapat empat pasangan calon, yakni pasangan Olen Ostal Daimboa-Yeheskiel Imbiri diusung PAN dan Nasdem; pasangan Yusak Samuel Bisi Wonatorei-Muhammad Imran dari pasangan perseorangan; pasangan Yeremias Bisai-Lamek Maniagasi diusung oleh Demokrat, Hanura, PKS dan PBB serta pasangan Hendrik Wonatorey-Korinus Reri diusung oleh PDIP, Golkar dan PKB.

Kabupaten Nabire terdapat tiga pasangan calon, yakni pasangan Mesak Magai-Ismail Djamaludin diusung PKPI, PPP dan PDIP; pasangan Yufinia Mote-Muhammad Darwis diusung PSI, Garuda, PKS, PKB, PAN, Perindo, dan Berkarya serta pasangan Fransicus X Mote-Tabroni M Cahya diusung Golkar, Nasdem dan Demokrat.

Kabupaten Asmat dua pasangan calon, yakni pasangan Yulianus P Aituru-Bonefasius Jakfu dari calon perseorangan; pasangan Elisa Kambu-Thomas E Safanpo diusung PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, PSI, PAN dan Demokrat.

Kabupaten Boven Digoel terdapat empat pasangan calon, yakni pasangan Martinus Wagi-Isak Bangri diusung PDIP dan PKS; pasangan Yusak Yaluwo-Jakobus Waremba diusung Demokrat, Golkar dan Perindo; pasangan Lukas Ikwaron-Lexi Wagju diusung Nasdem dan Gerindra serta pasangan Chaerus Anwas-Nathalis B Kaket diusung oleh PPP dan PKB.

Kemudian Kabupaten Merauke terdapat empat pasangan calon, yakni pasangan Romanus Mbaraka-Riduwan diusung PKB dan Demokrat; pasangan Heribertus Silvinus Silubun-Bambang Setiadji diusung oleh PDIP, Hanura dan PPP; pasangan Hendrikus Mahuse-Edy Santosa diusung oleh Nasdem dan PKS serta pasangan Herman Anitus Basik Basik-Sularso diusung oleh Golkar dan Gerindra.

Kabupaten Yahukimo terdapat dua pasangan calon, yakni Didimus Yahuli-Esau Miram diusung Nasdem, Hanura, Perindo dan Golkar serta pasangan Abock Busup-Yulianus Heluka diusung PAN, Gerindra, PPP, PSI, PBB, PKB, PKS dan Demokrat.

Kabupaten Mamberamo Raya terdapat empat pasangan calon, yakni pasangan Jhon Tabo-Evert Mudumi diusung PSI, Golkar, PDIP dan Berkarya; pasangan Kristian Wanimbo-Yonas Tasti diusung Nasdem, Hanura, Gerindra dan PPP; pasangan Robby Wilson Rumansara-Lukas Jantje Punny dari calon perseorangan; pasangan Dorinus Dasinapa–Andi May diusung PKS, PKB, PBB dan Perindo.

Kabupaten Pegunungan Bintang terdapat dua pasangan calon, yakni pasangan Spei Yan Bindana-Piter Kalakmabin diusung GOLKAR, PBB dan PAN serta pasangan Costan Oktemka-Deki Deal diusung Demokrat, Hanura, Nasden dan Gerindra.

Kabupaten Yalimo terdapat dua pasangan, yakni pasangan Lakius Peyon-Nahum Mabel diusung Hanura, PAN, Nasdem, Garuda, PSI, Demokrat, PPP, PDIP, PKPI dan PKS serta pasangan Erdi Dabi-Jhon W. Will diusung oleh PKB, PBB dan Gerindra. (nokenlive.com)

Scroll to top