Wakil Ketua Umum (Korbid Penggalangan Strategis)

Rizal Mallarangeng (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 29 Oktober 1964) adalah seorang politikus, pengamat politik, dan penulis Indonesia. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum ( Koordinator Bidang-Bidang Penggalangan Strategis). Ia pernah berkiprah sebagai staf khusus Aburizal Bakrie yang menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2004 dan kemudian Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada tahun 2005. Ia juga pernah menjadi salah satu pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar pada masa kepemimpinan Bakrie dan Airlangga Hartarto.


Ia dilahirkan Makassar, Sulawesi Selatan, dan awalnya ia mengenyam pendidikan di SMAN Ragunan yang merupakan sebuah sekolah atlet di Jakarta. Namun, setelah lulus SMA, ia memutuskan untuk berkuliah di Universitas Gadjah Mada dan mengambil jurusan ilmu politik. Ia lalu mendapatkan beasiswa Fullbright untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 dalam bidang ilmu politik di Ohio State University. Setelah menyelesaikan studi S3nya, ia kembali ke tanah air dan mengawali kariernya sebagai peneliti politik, penulis naskah Presiden Megawati Soekarnoputri, dan pembawa acara gelar wicara di Metro TV. Ia sempat menarik perhatian publik saat ia menyatakan siap maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2009, tetapi pada akhirnya ia harus mengubur angan-angannya karena elektabilitasnya masih terlampau rendah bila dibandingkan dengan calon-calon lainnya. Setelah itu, ia bergabung dengan Partai Golkar dan diangkat sebagai Ketua Bidang Pemikiran dan Kajian Kebijakan pada masa kepemimpinan Aburizal Bakrie. Kemudian, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta dan Koordinator Bidang Penggalangan Khusus Partai Golkar pada masa kepemimpinan Airlangga Hartarto.

Sepanjang kariernya, Rizal telah menulis sejumlah buku dan esai mengenai politik dan ekonomi. Ia juga merupakan pendiri Freedom Institute yang menjadi wadah bagi para cendekiawan dan penulis muda. Secara politik, Rizal mendukung kebebasan individu dan pendekatan ekonomi yang berhaluan kanan.

Scroll to top