Latest News

Wakil Ketua DPR RI Minta Pemerintah Manfaatkan Lahan Tidur guna Cegah Krisis Pangan

Berita Golkar – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) dari Fraksi Partai Golkar M. Azis Syamsuddin meminta Pemerintah memanfaatkan fungsi lahan tidur untuk digunakan sebagai lahan pertanian guna mencegah dan menghadapi terjadinya krisis pangan di tengah pandemi Covid-19.

“Potensi krisis pangan dapat saja terjadi di tengah pandemi Covid-19, dengan terkendalanya distribusi barang atau pangan antar negara yang berdampak pada kebutuhan pangan dalam negeri. Tentunya lahan yang dapat digarap dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan mengutamakan prinsip pelibatan aktif rakyat sebagai aktor utamanya,” kata Azis dalam keterangan persnya, yang dikutip Rabu (31/3/2021).

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan nantinya para petani milenial di Indonesia dapat mengelola lahan tersebut dengan mengedepankan kelompok tani melalui pola kemitraan dengan jangka waktu yang telah ditentukan dan dapat dijadikan terobosan baru dalam melakukan rencana program cetak sawah baru dengan prinsip pokok.

“Kita berdayakan para petani dan konsep ini tentunya berbeda dengan food estate atau lumbung pangan yang telah dibuat oleh Pemerintah seperti di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara,” ujar legislator dapil Lampung II itu.

Terakhir, Azis menginginkan langkah ini dapat membantu beban anggaran Pemerintah yang selama ini terfokus pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

“Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sudah cukup besar, mari kita membantu Pemerintah dengan aksi nyata dan program yang solutif yang fokus pada kesejahteraan masyarakat,” tutup Azis.

Scroll to top