Latest News

Melkiades Laka Lena Minta Pemerintah Fokus Kembangkan Vaksin dalam Negeri

[ad_1]

Berita Golkar – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena meminta Pemerintah untuk fokus mengembangkan vaksin dalam negeri sebagai langkah antisipasi.

Permintaan Melki datang untuk menanggapi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang baru-baru ini mengungkap adanya embargo vaksin Covid-19 yang dilakukan sejumlah negara.

“Pemerintah mesti sungguh-sungguh memikirkan alternatif yang sama sekali tidak ada intervensi pihak asing adalah mulai memikirkan produksi vaksin dalam negeri,” ujar Melki, sapaan akrabnya, melalui rilis yang dikutip Senin (29/3/2021).

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan vaksin, Pemerintah perlu fokus pada percepatan penelitian dan produksi vaksin dalam negeri yaitu, Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih.

“Percepatan penelitian dan produksi vaksin dalam negeri harus menjadi konsentrasi Pemerintah. Pasalnya, ini alternatif yang paling mungkin untuk Pemerintah seriusin, sehingga dengan fokus kepada pengembangan vaksin dalam negeri kita bisa menjawab kebutuhan dan situasi dalam negeri terkait kebutuhan vaksin,” tegas Melki.

Selain pelaksanaan vaksinasi, politisi Partai Golkar itu mengimbau masyarakat tetap taat pada protokol kesehatan.

“Pemerintah juga perlu memperluas cakupan penerapan PPKM untuk dijadikan kebiasaan baru dengan tetap mensosialisasikan 5M dan melaksanakan 3T,” pesan legislator dapil Nusa Tenggara Timur II itu.

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada potensi kendala dalam percepatan vaksinasi ke depan. Kendala tersebut yakni terkait adanya embargo vaksin Covid-19 yang dilakukan sejumlah negara.

“Ada catatan yang kami sampaikan juga ke Presiden, karena terjadi lonjakan kasus di beberapa negara termasuk di India sehingga mulai terjadi embargo vaksin dan bisa mengganggu ketersediaan vaksin dalam beberapa bulan ke depan. Terutama yang berasal dari negara-negara yang melakukan embargo, sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksin agar tidak terjadi kekosongan vaksin nantinya,” jelas Menkes Budi Gunadi Sadikin.

[ad_2]

Scroll to top